manfaat alpukat

Manfaat Alpukat Untuk Kesehatan Tubuh

Health Info

Tahukah anda jika dalam alpukat mengandunga Kalium atau yang dikenal dengan potassium. Kalium ini adalah mineral yang sangat penting bagi tubuh. Mineral ini sanggup bekerja sebagai elektrolit, dimana zat ini yang melaksanakan fungsi listrik, yang dibantu dengan mineral lain diantaranya klorida, kalsium, natrium, serta magnesium. Selain itu, kalium juga mampu menjaga fungsi otak, fungsi otot, fungsi jantung, serta juga pencernaan.

manfaat alpukat

Memiliki kandungan kalium lebih tinggi daripada pisang

Hipokalemia adalah suatu istilah bagi kondisi tubuh yang dalam keadaan kekurangan kalium. Kekurangan kalium ini biasnaya ditandai dengan tubuh yang terasa lemah serta tidak bertenaga, gangguan perut, kram otot, detak jantung tidak teratur, dan juga fungsi jantung yang tidak normal. Kekurangan kalium bisa menyebabkan kematian jika tidak ditangani secara langsung oleh dokter.

Sebagian besar masyarakat beranggapan bahwa kandungan kalium yang paling tinggi hanya ditemukan pada buah pisang. Namun pada kenyataanya lain bahwa dalam 100 gram alpukat memiliki kandungan sebesar 14% kalium, jauh lebih besar jika dibandingkan dengan pisang yang hanya memiliki kandungan 10% dalam 100 gramnya.

Dalam beberapa studi megatakan bahwa semakin tinggi kandungan kalium pada tubuh, maka kadar gula darah yang ada dalam tubuh juga akan semakin menurun, sehingga faktor risiko akan megalami serangan jantung, stroke serta juga gagal ginjal akan senantiasa menurun.

Menjaga kesehatan gigi

Alpukat sudha bukan lagi buah dengan kategori yang mahal. Buah ini bisa Anda temui dimanapun kapanpun dengan harga yang jauh terjangkau. Walaupun begitu, khasiat yang ada pada buah alpukat ini pada kenyataanya tidak dapat begitu saja Anda sepelekan.

Buah alpukat sudah banyak diketahui memiliki kandungan serat prebiotik yang bisa membantu dalam menjaga kesehatan pencernaan Anda. Serat ini adalah makanan yang baik bagi bakteri probiotik yang ada pada mulut serta gusi. Kesehatan pencernaan menjadi penting untuk kesehatan seluruh tubuh Anda.

Pada sebuah studi juga mengatakan bahwa alpukat memiliki kandungan serat yang lebih banyak jika dibandingkan dari buah-buahan lain. Alpukat juga kaya dengan asam lemak yang bisa membantu Anda dalam menyerap vitamin seperti vitamin E serta K1. Lemak ini juga dapat membuat Anda jauh merasa kenyang lebih lama.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh kamous Ohio State University mengemukakan bahwa nutrisi yang terdapat pada alpukat bisa menyerang sel kanker mulut serta juga mencegah berkembang sel pra-kanker menjadi sel kanker mulut. Selain itu, pada penelitian ini juga mengatakan bahwa kandungan fitokimia pada buah alpukat juga dapat menghentikan pertumbuhan sel kanker tanpa harus merusak sel normal ada pada tubuh. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *